4 Trik Bikin Bisnis Online Anda Laris Hanya dari Media Sosial

Ada banyak sekali cara untuk sukses bisnis online di berbagai media sosial. Dan berikut ini empat trik bagaimana membuat bisnis Anda tetap laris manis di media sosial.

Salah satu dari enam prinsip persuasi yang dikemukakan Robert Cialdini, adalah bahwa orang cenderung akan membeli sesuatu dari orang yang mereka sukai.

Tentu saja, ini akan membuat banyak like pada setiap status, lebih banyak follower, dan lebih banyak engagement.

Pada akhirnya nanti, Anda bisa closing lebih banyak hanya dengan membuat status di Facebook atau Instagram.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana membuat Anda agar banyak orang yang benar-benar menyukai akun media sosial Anda?

Berikut ini 4 taktik sederhana agar akun sosial media Anda banyak disukai orang.

1. Jadilah Manusia, Bukan Robot untuk Sukses Bisnis Online di Media Sosial

Menurut laporan dari International Journal of Research in Marketing, hubungan konsumen dan merk (brand) yang terjadi di media sosial paling tinggi didorong karena ‘lebih manusiawi’.

Artinya, Anda harus bersiap melayani mereka dengan manual, bukan tergantung pada robot atau biasa disebut dengan bot.

Kalaupun menggunakan robot, ada baiknya Anda tetap menggunakan nama orang untuk menjawab komentar maupun chat dari mereka.

Menurut Dale Carnegie dalam bukunya yang berjudul How To Win Friends and Influence People, menyebut nama seseorang adalah suara paling manis dan paling penting dalam bahasa apapun.

Berbagai produk digital bisa Anda temukan di sini >> www.DigitalKios.com

2. Tentu, Anda Bisa Sangat Membantu

Carnegie menyarankan, jika ingin menghasilkan sesuatu dari media sosial maka Anda bisa mengatakan bahwa apa yang bisa Anda bantu untuk mereka.

Daripada selalu self-promotion, ada baiknya mulai menebar status yang bisa membantu teman, follower, atau rekan Anda tetang bagaimana bisnis online yang Anda lakukan.

Ini akan membuat banyak engagement dan tentunya akan banyak yang memperhatikan Anda.

Terlebih jika Anda benar-benar bisa membantu mereka, maka bukan tidak mungkin mereka ini akan setia dengan selalu apa yang akan Anda tulis.

Bagaimana Anda bisa membantu?

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, seperti dengan berbagi konten yang mereka butuhkan, hingga Anda menawarkan bantuan khusus kepada orang-orang yang khusus pula.

3. Segera Atasi Masalah

Pada saat sekarang, sering kali kesalahan yang dibuat oleh seseorang tertentu bisa menjadi viral dan sangat cepat mengemuka di sosial media.

Nah, agar Anda mendapat respon yang baik dari pengikut maupun calon buyer Anda, maka berilah respon yang tercepat tanpa perlu membuat kesalahan Anda menjadi viral.

Beri respon secepat mungkin dan berikan solusi terbaik. Berilah layanan yang memuaskan sehingga membuat mereka yang komplain ke Anda merasa sangat nyaman.

Jadi, pastikan Anda meresponsnya dengan segera. Bahkan jika Anda belum yakin apa yang terjadi, ingatlah bahwa Anda menyadari masalah ini dan melihat ke dalamnya.

4. Dalam Bisnis Online, Kesan Pertama Bisa Menentukan

 

bisnis online

Apa saja kesan pertama?

Ini bisa melalui foto profil Anda, gambar header, dan bio yang jelas. Ini akan menjadi pilihan pertama orang lain saat mengunjungi media sosial Anda.

Pastikan profil Anda sudah jelas untuk calon pembeli Anda, profil yang ramah, profesional, dan benar-benar ‘niat’ dengan brand dan apa yang Anda tawarkan.

Anda bisa mulai dengan menyingkirkan foto-foto yang mungkin kurang enak dipandang. Dan jangan lupa, selalu sertakan caption (beri keterangan) pada setiap postingan mengenai brand Anda.

Memiliki jumlah like yang banyak dan natural sangat penting dalam setiap status Anda di media sosial.

Ketika orang mengikuti Anda, mereka memberi bisnis Anda lampu hijau muncul di antara posting dari teman dan keluarga mereka. Itulah posisi yang harus terus Anda buktikan.

Baca Juga: Memulai Bisnis dengan Social Media Marketing

Leave a Reply