Belajar Copywriting: 4 Pilar Paling Penting

Belajar copywriting yang paling penting adalah memahami apa saja bagian dari teknik tersebut. Artikel ini akan mengupas tuntas apa saja yang wajib diketahui yang paling dasar.

Copywriting sendiri pada akhirnya bermuara pada hal yang sama, yaitu meningkatkan penjualan sebuah produk atau jasa.

Namun sebelum terjadi transaksi itu, ada beberapa hal yang menjadi penyebab.

Antara lain, dengan copywriting seseorang dapat memberikan edukasi secara masif tentang produk apa yang dijualnya, hingga kenapa seseorang harus membeli sebuah produk atau jasa darinya.

Intinya, belajar copywriting sama halnya kita tengah belajar teknik promosi. Kalau pada media konvensional, lebih cenderung pada tampilan visual. Namun ketika masuk pada dunia online, teknik copywriting sangatlah ikut menentukan promosi kita berhasil atau tidak.

Dan uniknya, teknik copywriting ini juga bisa kita terapkan pada media promosi konvensional seperti media cetak, brosur, pamflet, atau banner.

Copywriting juga bisa dikatakan sebagai teknik persuasif agar seseorang dapat bertindak sesuai dengan apa yang kita tulis.

Tapi sebelum belajar copywriting lebih dalam, empat hal ini perlu kita ketahui dalam teknik copywriting agar tulisan kita benar-benar ‘menghipnotis’ orang yang kita target.

1. Belajar Copywriting dalam Menentukan Headline

Headline atau judul utama adalah faktor terpenting dalam teknik promosi melalui tulisan. Ketika headline kita menarik, maka seseorang hampir pasti akan membaca tulisan kita sampai habis.

Contoh perbandingannya sebagai berikut:
A. Jika Anda Membeli Hari Ini, Maka Anda Akan Mendapat Bonus Besar!
B. Bonus Senilai Rp 1.000.000 Khusus Pembelian Hari Ini!

Mana yang menurut Anda lebih menarik? Sangat mudah bukan?

2. Belajar Menjadi Copywriter dengan Membuat PENAWARAN yang Sulit Ditolak

Teknik promosi yang paling kuat lainnya adalah dengan membuat penawaran. Penawaran yang baik tentu akan mendapat respon baik pula dari target market kita.

Sebelum membuat penawaran, baiknya lakukan intro terlebih dahulu seperti perkenalan, menanyakan kabar, dan lain-lain. Teknik ini biasa dilakukan oleh marketer online pada website, landing page, status sosial media, hingga broadcast di social networking (WhatsApp, Telegram, LINE, BBM).

Setelah itu, berikan informasi seakurat mungkin tentang deskripsi produk atau jasa kita. Baru kemudian dijabarkan mengenai manfaat yang bisa didapatkan jika orang tersebut membeli produk atau menggunakan jasa kita.

Yang terpenting dalam hal penawaran ini adalah fokus pada penjelasan tentang manfaat, bukan fitur-fitur atau keunggulan dari produk atau jasa.

3. Belajar Copywriting: Kenapa Orang Harus Beli Produk Kita?

Ini cukup sering dilalaikan oleh banyak advertiser, baik itu di media offline maupun online. Yaitu menjelaskan “Mengapa Seseorang Harus Membeli Produk Kita?”

Cara tersebut sangat berguna untuk meyakinkan calon customer agar mau membeli produk kita. Jelaskan semua alasan kenapa orang harus beli produk tersebut.

Dan ini, juga bisa Anda kombinasikan pada pembuatan headline. Misalnya:

  • Kenapa Produk ini Wajib Anda Miliki?
  • Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Memiliki Produk Paling Fenomenal Tahun Ini
  • 10 Alasan Kenapa Anda HARUS Beli Produk Ini
  • Dan sebagainya

4. Call to Action (CTA)

Mungkin kita sudah sering mendengar beberapa kata seperti di bawah ini:

  • Beli Sekarang
  • Pesan Sekarang
  • Belanja Sekarang
  • Booking Now
  • Join Disini
  • Klik Disini
  • Baca Juga
  • Dan lain-lain

Ya, beberapa kata di atas adalah contoh Call to Action (CTA). CTA bertugas agar target market kita melakukan tindakan sesuai dengan kata yang kita berikan.

Biasanya, bagian CTA ini akan ditempatkan pada bagian akhir suatu penawaran. Namun tidak sedikit juga yang menempatkan CTA disela-sela penawaran. Tentu saja tujuannya adalah agar seseorang terdesak untuk melakukan tidakan sesuai kalimat pada CTA kita.

Dan yang terpenting, buatlah CTA yang langsung to the point, jangan terlalu panjang dan bertele-tele.

Masih ada beberapa hal lain selain yang sudah dijabarkan. Namun, empat pilar di atas adalah syarat utama yang WAJIB ada dalam setiap promosi kita.

Belajar copywriting gampang-gampang susah memang. Namun jika kita sudah terbiasa melakukannya, maka segala macam promosi yang kita lakukan akan dapat dengan mudah menghasilkan.

Leave a Reply