Ketahui Dulu 5 Hal Penting Ini Sebelum Membuat Postingan di Facebook Fanspage

Membuat postingan di Facebook Fanspage yang tepat tentu saja akan dapat meningkatkan pamor halaman Anda itu sendiri. Pastinya, berpotensi menjadi leads Anda.

Tapi bagaimana penggambaran status di Facebook Fanspage yang Sempurna?

Postingan atau status yang sempurna di Fanspage adalah tentu mengundang banyak perhatian dari liker, organic atau paid traffic.

Mulai dari jumlah like, komen, maupun share.

Memang, beberapa orang menganggap masih sulit untuk membuat postingan di facebook fanspage yang sempurna dan mengundang banyak perhatian.

Tapi bukan berarti itu tidak bisa Anda lakukan.

Berikut ini komponen penting membuat status facebook yang sempurna untuk tujuan bisnis Anda, langsung dari ahlinya yakni pakar social media marketing Hootsuite, Amanda Wood, dan koordinator social media marketing, Christine Colling.

Keduanya berbagi tip mengenai;

  • Cara Membuat Konten yang Terintegrasi dengan Facebook News Feed
  • Bagaimana Cara Membuat Postingan yang Menarik Perhatian
  • Jenis Konten yang Menarik Banyak Engagement
  • Waktu yang Pas untuk Membuat Status

Silakan lanjutkan membaca dan Anda akan menemukan cara paling tepat untuk membuat postingan di facebook fanspage dengan sempurna.

1.Membuat Postingan di Facebook Fanspage dengan Copywriting yang Bagus

Memiliki teknik copywriting yang bagus sangat berguna dalam media sosial marketing.

Tulis status yang ringkas dan jelas sehingga memungkinkan audience Anda meluangkan waktu lebih banyak untuk memperhatikan status Facebook Anda.

Ada 3 tips untuk membuat copywriting di status Facebook.

  • Membuat Status yang Pendek

Waktu sangat penting untuk banyak teman Anda di Facebook. Karena itulah, sangat penting untuk membuat status yang tetap pendek (ringkas dan jelas) mengingat Anda mempostingnya pada jam kerja. Usahakan untuk membuat headline status tak lebih dari 20 kata, sementara deskripsi status maksimal 50 kata.

  • Gunakan Emoticon

Anda bisa menggunakan emoticon atau emoji untuk menunjukkan reaksi terhadap konten daripada Anda menjelaskan melalui kata-kata. Emoticon akan membantu memancarkan emosi dan menggantikan banyak kata.

  • Konten yang Menggoda

Saat membuat status di Facebook atau ingin memposting sesuatu, selalu pikirkan bagaiman Anda dapat menghemat waktu audience Anda sambil memberikan konten yang berkualitas. Misalnya, jika Anda ingin berbagi postingan tentang 10 tips, maka Anda bisa mempostingnya separuh. Baru kemudian sampaikan link yang berisi postingan seutuhnya.

Dengan cara ini, audience bisa dengan mudah menentukan apakah link tersebut akan mereka klik atau tidak.

Baca Juga: 5 Kalimat Paling Menggoda dan Sulit Ditolak oleh Customer

2. Membuat Postingan di Facebook Fanspage dengan Visual yang Menarik

Saat Anda menggabungkan tulisan hebat dengan visual yang menarik, Anda bisa membuat status Facebook yang sempurna.

Caranya bagaimana?

  • Tambahkan berbagai format media. Jangan hanya teks atau image saja yang Anda posting di status Facebook Anda, coba juga media lain seperti video, tautan ke blog/ website, atau GIF.
  • Konten video. Sudah bukan rahasia lagi kalau mengunggah video akan mengundang banyak engagemen. Tapi ingat, sebaiknya durasi video tidak terlalu panjang.

3. Menggunakan Algoritma untuk Meningkatkan Jangkauan

Pada tahun 2016, Facebook Fanspage mengalami penurunan jangkauan organik hingga 52%. Jika Anda memahami cara kerja algoritma Facebook, ini akan dapat membantu meringankan beberapa dampak yang pasti terjadi pada konten Anda.

  • Siapa yang mengeposkan cerita (misalnya jika seseorang menyukai dan berkomentar di postingan pengguna lain, Facebook akan menyimpulkan bahwa Anda tertarik dengan kontennya)
  • Berapa banyak interaksi postingan (jika postingan memiliki banyak like dan komentar, Facebook menentukan itu lebih populer dan lebih menarik).
  • Kapan postingan tersebut dibuat (posting yang lebih baru diprioritaskan, kecuali beberapa hal yang lebih signifikan)

Nah, cara terbaik untuk melibatkan engagement lebih banyak adalah dengan memanfaatkan algoritma Facebook.

  • Cobalah sesuatu. Ini adalah salah satu langkah penting untuk mendominasi News Feed (beranda). Karena apa yang terbaik bagi audience Anda mungkin bukan yang terbaik untuk audience perusahaan lain. Melakukan test, membuat kesalahan, video, atau buat postingan dengan gaya yang berbeda.
  • Tulis berita utama yang sedang hot dan menarik. Meski begitu, sebaiknya hindari clickbait. Sebagai gantinya, Anda disarankan untuk menjabarkan konten pada link yang Anda tautkan.
  • Hindari terlalu sering promosi. Tidak ada yang dingin timeline Facebook mereka diserang dengan konten-konten jualan. Jika selalu Anda lakukan ini, maka Anda bisa berpotensi kehilangan banyak calon customer.

Untuk bagaimana cara membuat iklan di Facebook, terlebih dengan iklan di Facebook Messenger, Anda bisa menyimak artikel berikut ini >> Cara Memasang Iklan di Facebook Messenger

4. Waktu Posting

Bukan hanya sekedar isi konten postingan Anda, tapi melainkan juga kapan Anda mempostingnya.
Jika Anda memposting artikel di Fanspage ketika jam tidur, maka akan sangat sedikit yang melihat postingan Anda tersebut.

Jadi, mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memposting adalah jurus lain yang perlu Anda kuasai.

Kapan waktu terbaiknya? Tentu ini tidak bisa dijadikan patokan antara satu fanspage dengan fanspage yang lain.

Ada beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan seperti zona waktu target (niche) liker Anda. Apabila Anda memiliki fanspage yang menargetkan orang di Amerika, tidak mungkin Anda memposting pada jam sembarangan karena perbedaan waktu yang cukup jauh.

Lakukan testing mengenai berapa kali dalam sehari dan pada jam berapa saja yang tepat untuk membuat postingan di facebook fanspage.

5. Membuat Postingan di Facebook Fanspage Ini Yang Perlu Anda Hindari

Ada beberapa kriteria bagaimana menentukan postingan yang kurang sempurna.

  • Postingan yang selalu promosi. Selalu buatlah postingan yang dekat dengan pikiran audience Anda. Akan lebih bagus apabila postingan Anda bisa memecah solusi bagi audience.
  • Terlalu panjang. Sekali lagi, buatlah postingan yang ringkas dan jelas serta tidak perlu panjang lebar. Ini akan mempersingkat waktu bagi audience Anda untuk membacanya.
  • Tidak ada CTA (Call to Action). CTA akan memaksa audience untuk membuat tindakan. Jadi jika Anda tidak menyertakan dalam postingan, maka Anda bisa kehilangan potensi klik dan engagement. Meski begitu, jangan terlalu banyak juga dalam menyertakan CTA di satu postingan.

Namun, setiap fanspage akan memiliki formula yang berbeda-beda dalam membuat postingan di facebook fanspage yang sempurna.

Dengan tips di atas, Anda akan dapat mengetahui cara mana yang berhasil atau tidak untuk fanspage Anda.
Sekarang tugas Anda adalah membuat postingan di facebook fanspage yang sempurna. Take it Now!

6 thoughts on “Ketahui Dulu 5 Hal Penting Ini Sebelum Membuat Postingan di Facebook Fanspage

  • August 3, 2017 at 8:40 am
    Permalink

    Biasanya asal ketik aja, tidak memperhatikan hal-hal yang disebutkan di atas
    boleh lain kali dipraktekan, mungkin bisa lebih baik

    Reply
  • September 11, 2017 at 3:04 am
    Permalink

    Thanks sharenya ya sangat bermanfaat sekali

    Reply
  • September 27, 2017 at 6:40 am
    Permalink

    Thanks sharenya, bermanfaat sangat, cocok utk share artikel blog di FP FB…

    Reply
  • October 2, 2017 at 8:35 am
    Permalink

    hai mas.. sangat penting banget dipelajari sebelum membuat postingan agar menarik pengunjung yaa. thanks sharenya

    Reply

Leave a Reply